Kapolres Pakpak Bharat undang masyarakat panen sayuran hidroponik Polres Pakpak Bharat

Pakpak Bharat – Kapolres Pakpak Bharat AKBP Alamsyah P. Hasibuan Sik. MH., mengajak masyarakat bercocok tanam di masa pandemi Covid-19.

Bukan asal tanaman, namun tanaman yang bisa dikonsumsi. Seperti selada, sawi dan sebagainya yang tergolong sayur-mayur.

Selain hasil menanam sendiri lebih higienis, menurutnya hal ini juga untuk mengisi waktu luang dan sekaligus belajar cara bercocok tanam yang baik termasuk untuk menjaga ketahanan pangan.

Di sini, Polres Pakpak Bharat mengembangkan produksi bahan pangan mandiri dengan menanam tanaman secara hidroponik. Tak menunggu waktu lama, hasil tanamannyapun kini sudah bisa dinikmati dan membuat senang karena bisa memetik langsung dari tanamannya.

“Penanaman hidroponik ini kita lakukan di rumah yang punya lahan kosong. Ada kurang lebih 1 Hektar lahan kosong yang ada di Mako Polres Pakpak Bharat, Rabu (9/9/2020).

Untuk tanamannya sendiri, ada beberapa macam jenis sayuran yang ditanam. Seperti selada, sawi minyak, sawi hijau dan sayur pokcoy. Tak ketinggalan pula, ada juga buah-buahan yang ditanam.

Menurutnya program ini sangat bagus sekali diterapkan. Warga juga bisa mencontoh, untuk mengisi waktu senggang di rumah selama pandemi Covid-19 ini saat menunjukkan hasil tanaman hidroponik yang dikelola di halaman rumah dinas Kapolres Pakpak Bharat.

“Ketahanan pangan seperti menanam tanaman hidroponik ini sangat penting untuk dikembangkan dan dikelola.

Untuk itu perlu adanya upaya dalam menguatkan ketahanan pangan,” ujarnya.

Selain itu, cara menanam hidroponik ini juga sangat mudah sekali dilakukan. Potnya sendiri bisa menggunakan paralon ukuran besar, jadi tidak memakan lahan yang luas, hasil sayurnya pun cukup segar. Tentunya perlu dirawat secara teratur.

Menariknya lagi, saat ini sayuran hidroponik yang ditanam oleh Polres Pakpak Bharat sudah bisa dipetik dan dinikmati.

Kapolres Pakpak Bharat turun langsung memetik sayuran yang sudah bisa dinikmati tersebut.

“Jadi kepada diharapkan kepada masyarakat Kab. Pakpak Bharat tetap disiplin dengan dibukanya kembali aktivitas ekonomi, sosial, dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan,”tutupnya.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas